Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan

  1. Jelaskan perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path!
  2. Jelaskan perbedaan antara Physical Sky dan Area Light!
  3. Jelaskan yang dimaksud material dan beri contoh penggunaannya!

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:

  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

  1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.

  2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky

  3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light

  4. Menambahkan Material

7. Hasil Praktikum

Tampilkan screen record dari praktikum ini

8. Kesimpulan

Tuliskan kesulitan yang kalian hadapi dan solusi yang kalian gunakan

9. Referensi

Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *